Rumah yang cocok untuk milenial merupakan sebuah aset yang penting dan umumnya banyak yang ingin memilikinya. Bukan hanya orang dewasa saja yang ingin memiliki rumah, namun juga para generasi milenial. Para pengembang perumahaan saat ini banyak membidik pasar jenis dan tipe rumah untuk milenial sebagai pasar potensial yang mempunyai banyak peluang untuk tertarik akan kepemilikian rumah tersebut.

Generasi milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1980an hingga tahun 2000an, dimana menurut survey mereka memiliki selera tersendiri tentang rumah yang mereka impikan. Garis besarnya, para generasi milenial ini menyukai tipe rumah yang simpel namun memberikan kesan elegan dan mewah. Oleh sebab itu banyak pengembang perumahan yang mencoba mendesain rumah sesuai kriteria mereka.

Jenis dan Tipe Rumah Yang Cocok Untuk Milenial

Para generasi milenial ini, lebih menyukai hal-hal yang bersifat efisien dan memberikan akses yang mudah dalam aktivitasnya. Rumah dengan gaya minimalis, modern, dan nyaman lebih banyak dilirik oleh mereka dibandingan dengan tipe rumah yang besar dan terlalu banyak aksen. Fasilitas umum dan beberapa jenis kemudahan yang bisa mereka dapatkan seperti internet, kendaraan umum juga menjadi pertimbangan.

1. Rumah Tipe Cluster

Rumah tipe cluster merupakan bentuk perumahan dimana biasanya rumah-rumah ini dibangun secara berkelompok pada seuatu lingkungan yang sama, model rumah yang dibangun juga serasi antara satu rumah dengan yang lainnya. Tipe cluster ini mempunyai ciri khas yaitu dibangun dengan pagar pembatas yang berukuran tinggi mengelilingi seluruh kompleks perumahan. Keberadaan pagar ini memang membuat terlihat tertutup, namun jika Anda masuk maka lingkungannya luas dan tanpa pembatas antar rumah.

Rumah tipe cluster ini banyak dijumpai di daerah perkotaan.bagi generasi milenial banyak yang memilih untuk tinggal di rumah tipe cluster ini. Keuntungannya memiliki rumah tipe cluster ini adalah keamanan di kompleks perumahan akan terjamin. Cluster ini hanya memiliki satu kases keluar masuk yang dijaga oleh petugas keamanan, sehingga setaip orang yang keluar masuk akan dipantau dan diawasi petugas.

2. Rumah Berakses Internet

Rata-rata para milenial ini menginginkan sebuah rumah yang memiliki fasilitas koneksi internet yang bagus. Perumahan yang mempunyai fasilitas jaringan internet di area tersebut akan banyak dilirik karena dengan jaringan internet yang baik, para milenial akan dengan mudah berselancar atau untuk bekerja dengan bantuan koneksi internet.

Selain untuk kebutuhan pekerjaan, adanya jaringan internet ini juga bisa digunakan ketika akan bersantai atau untuk mengisi waktu senggang. Semakin berkembangnya teknologi saat ini membuat semua hal dapat diakses dengan mudah di internet, hal inilah yang membuat pentingnya sebuah jaringan internet di area perumahan.

3. Rumah Tipe Minimalis

Berbeda dengan orang jaman dahulu yang lebih banyak memiliki rumah dengan model besar dan terbilang mewah. Milenial saat ini lebih nyaman dengan memiliki rumah dengan tampilan yang minimalis namun elegan. Biasanya tipe rumah yang banyak dicari adalah rumah bertipe 27 hingga tipe 36 yang tidak terlalu besar namun cukup untuk mereka tempati.

Alasan kenapa rumah tipe minimalis lebih banyak dicari, karena sebagian besar para milenial adalah orang-orang yang sibuk dengan berbagai macam aktivitas seharian dari pagi hingga malam, ketika wekend mereka tidak membutuhkan banyak waktu untuk membersihkan rumah sehingga lebih menghemat tenaga untuk bisa bersantai menikmati libur baik sendiri maupun bersama keluarga.

4. Rumah yang Multifungsi

Seiring dengan perubahan akan gaya hidup, maka banyak dari milenial yang menambahkan fungsi rumah yang ditempati menjadi kantor kedua atau workshop. Rumah akan disulap menjadi beberapa ruangan yang memiliki lebih dari satu fungsi sehingga akan menghemat tempat, terlihat lebih rapi dan irit biaya dibandingkan harus menyewa tempat untuk workshop. Pemilihan desain interior juga perlu diperhatikan.

Rumah minimalis ini akan dilengkapi dengan furnitur yang sifatnya juga multifungsi, ringan, dan mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Penempatan beberapa keperluan kerja juga dapat menggunakan meja yang dapat diubah menjadi fungsi yang lainnya. Keberadaan rumah multifungsi ini akan sangat menunjang pekerjaan mereka disamping menghemat waktu karena dikerjakan dirumah.

5. Rumah Tipe Kecil

Sebagian besar para milenial mencari rumah yang mempunyai ukuran kecil seperti rumah dengan tipe 27 hingga tipe 36. Alasannya karena biasanya mereka masih tinggal sendiri atau tinggal bersama keluarga kecil mereka, sehingga tidak membutuhkan rumah yang terlampau besar. Hal inilah yang menjadi prospek pasar para pengembang perumahan dengan menghadirkan rumah tiper tersebut.

Apabila Anda perhatikan, rumah dengan tipe 27 hingga 36 saat ini juga telah mengalami banyak perubahan. Dari sisi desain dan bentuk lebih terlihat elegan dan terkesan mewah namun tetap simple. Besarnya peluang pasar dari para milenial membuat semakin banyak pengembang yang menyediakannya.

6. Rumah yang Harganya Terjangkau

Rata-rata para milenial adalah mereka yang masih pada fase mengumpulkan uang yang harus cermat dan teliti tentang perencanaan keuangan mereka. Rumah yang banyak dicari adalah rumah dengan harga mulai dari 300 juta hingga 500 juta, sebab pada harga tersebut masih dianggap cukup terjangkau apabila di perhitungkan dengan penghasilan bulanan mereka.

Apabila Anda juga termasuk dalam kategori milenial, Anda pasti harus merencanakan pengeluran dan pengaturan uang yang didapat dari pekerjaan atau usaha Anda. pemilahan keuangan untuk kebutuhan sehari-hari, tabungan, cicilan , dan lainnya perlu diperhitungan dengan matang agar tidak terjadi minus keuangan pada akhir bulan yang menyebabkan beberapa kebutuhan tidak terpenuhi.

7. Rumah dengan Lokasi Yang Strategis

Anda tentu lebih memilih memiliki rumah yang strategis dibandingkan dengan rumah yang terletak jauh dari fasilitas umum. Akses mudah ke beberapa fasilitas umum seperti rumah sakit, mall, sekolah, kantor, atau tempat makan pasti menjadi pertimbangan pertama ketika Anda akan membeli sebuah rumah. Walaupun harganya pasti akan lebih tinggi namun kemudahan yang didapat juga menjadi pertimbangan.

Terlebih lagi bagi Anda sebagai milenial yang mempunyai aktivitas padat sehari-harinya. Dengan memiliki rumah yang lokasinya strategis akan sangat menghemat waktu dan tenaga untuk bisa sampai ke kantor atau tempat lainnya yang dituju. Akses kendaraan umum juga bisa masuk dalam pertimbangan karena biasanya milenial akan mencari kendaraan umum ketika macet atau lelah bekerja.

8. Jenis Rumah Kekinian

Jenis dan tipe rumah lainnya adalah rumah kekinian, yaitu rumah dengan desain modern yang menarik. Biasanya rumah model ini tidak memerlukan pagar besi atau pagar yang tinggi, namun memiliki halaman dengan mini garden yang mempercantik tampilan rumah Anda. Rumah jenis ini mulai banyak dikembangkan oleh developer seiring dengan meningkatnya permintaan akan rumah tinggal yang banyak ditanyakan oleh para milenial

Kehidupan para milenial memang selalu aktif dan mempunyai berbagai macam kegiatan yang menyita waktu dari pagi hingga malam hari. Tidak heran jika kebutuhan rumah selain sebagai tempat tinggal juga digunakan sebagai tempat untuk melepas penat hingga pengganti workshop melanjutkan pekerjaan yang belum selesai. Jenis dan tipe rumah untuk milenial tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhannya.