Memiliki rumah sendiri dengan hasil jerih payah sendiri tentunya akan sangat membanggakan dan sebuah kepuasan tersendiri. Ketika Anda sudah bersusah payah untuk mengumpulkan uang dari hasil bekerja selama ini, tentu Anda tidak mau salah ketika membeli sebuah rumah. Ada hal yang perlu diketahui sebagai pertimbangan membeli rumah agar bisa mendapatkan rumah sesuai dengan harapan.

Pentingnya untuk mempertimbangan beberapa hal sebelum membeli rumah adalah diisamping untuk menentukan biaya atau anggaran yang Anda siapkan juga untuk meminimalisir tingkat kekecewaan ketika rumah yang sudah di beli tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Misalnya tentang struktur tanah, bahan material yang digunakan, model rumah, fasilitas pendukung, dan lain sebagainya.

Pertimbangan Membeli Rumah

Rumah selain sebagai hunian untuk Anda dan keluarga juga bisa digunakan sebagai asset yang bernilai tinggi pada kemudian hari. Hal ini menjadi pertimbangan beberapa orang ketika memutuskan untuk membeli rumah. Sebagai sebuah asset atau investasi tentunya Anda tidak ingin mnedapatkan rumah yang nilainya justru akan menurun. Beberapa hal berikut bisa Anda simak sebagai pertimbangan dalam membeli rumah.

1. Lokasi Rumah

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika akan membeli rumah adalah lokasi dari rumah tersebut. Biasnya lokasi yang paling banyak dicari orang adalah yang dekat dengan fasilitas publik seperti perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan mempunyai sarana transportasi yang mudah dijangkau oleh berbagai jenis transportasi ceperti angkot, bus, kereta, atau ojek.

Dengan lokasi yang strategis akan memudahkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari sehingga Anda tidak perlu takut terjebak macet atau akan terlambat berangkat ke kantor. Lokasi rumah tersebut juga akan mempengaruhi harga. Semakin strategis lokasi akan semakin mahal harganya. Namun sebagai investasi Anda juga akan mendapatkan keuntungan dimana harga jualnya juga tinggi.

2. Harga Rumah

Saat ini banyak sekali pengembang perumahan yang memberikan harga beraneka macam untuk rumah yang mereka sediakan. Perbedaan harga ini biasanya karena perbedaan tipe rumah, lokasi, serta fasilitas yang diberikan. Sesuaikanlah harga rumah yang akan Anda beli dengan kemampuan finansial Anda, dan jangan terlalu memaksakan untuk membeli rumah diluar batas pendapatan.

Lakukan juga survey harga pada beberapa pengembang pada tipe rumah yang sama di kawasan yang tidak terlalu berjauhan agar Anda memiliki gambaran tentang selisih harga dari masing-masing pengembang. Lakukan nego harga saat Anda bertemu dengan pihak pengembang jika memungkinkan.

3. Lihat Kondisi Sekitar Perumahan

Kondisi ini berkaitkan dengan kondisi lingkungan perumahan, kaitanya dengan lokasi perumahan. Cari tahu apakah lokasi tersebut aman dari berbagai ancaman seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, air pasang, dan lain sebagaianya. Hal ini perlu Anda ketahui agar saat Anda membeli tidak muncul kekhawatiran akan mengalami beberapa hal tersebut.

Selain tentang kondisi lingkungan yang berkaitan dengan alam, faktor lainnya adalah kemanan sekitar rumah. Saat ini telah banyak perumahan yang memiliki sistem keamanan yang bagus, dengan menerapkan one gate system sehingga semua orang yang keluar masuk dapat dipantau oleh petugas keamanan. Hal ini dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya pelaku kejahatan di area rumah.

4. Sistem Pembayaran Rumah

Perhatikan juga tentang cara pembayaran rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. apabila Anda telah memiliki dana yang cukup untuk sebuah rumah, akan lebih baik Anda membeli dengan cara kontan atau cash. Namun bagaimana jika dana yang Anda miliki belum dapat menutup untuk sebuah unit baru. Tentu Anda bisa menggunakan skema KPR dari beberapa bank penyedia.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan KPR maka Anda juga harus sap akan konsekuensi yang mewajibkan peminjam untuk membayar cicilan setiap bulannya dengan besaran yang telah ditentukan sesuai perhitungan dari pihak bank. Hitung dengan matang apakah cicilan ini akan mengganggu arus keuangan Anda atau tidak. Jika pendapatan Anda masih aman maka tidak ada salahnya mengambil KPR.

5. Perhatikan Tentang Status Rumah

Sebelum memutuskan tentang pembelian rumah, pastikan Anda telah mendapatkan informasi yang jelas tentang status kepemilikan rumah tersebut seperti hak waris, hak milik, atau justru hak guna bangunan. Status kepemilikan ini dapat menimbulkan permasalahan nantinya jika tidak ditegaskan dari awal sehingga Anda perlu mamastikan kelengkapan surat-surat tersebut.

Pastikan juga bahwa pihak pengembang atau developer telah menyimpan surat-surat tersebut. Anda juga bisa melakukan pengecekan pada dokumen tersebut terkait dengan keaslian dan keabsahannya di notaris atau kantor pelayanan terkait. Apabila timbul kecurigaan tentang sengketa tanah atau yang lainnya Anda bisa segera membatalkan pemesanan dan mencari rumah yang lain.

6. Ukuran Rumah

Masing-masing perumahan telah ada ukuran atu tipe tersendiri yang akan berpengaruh pada harga rumah. Sesuaikan besarnya rumah yang ingin Anda miliki dengan kebutuhan keluarga sehingga Anda tidak membeli rumah yang salah misalnya terlalu besar karena hal ini hanya akan menambah banyak anggaran pembelian rumah walaupun manfaatnya tidak optimal.

7. Struktur Bangunan Rumah

Banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan struktur bangunan dari rumah yang diinginkan. Rata-rata mereka hanya memperhatikan harga dan model rumah. Padahal struktur bangunan ini akan berimbas pada daya tahan dan umur rumah yang Anda tempati. Banyak kasus yang terjadi rumah sudah mengalami keretakan pada dinding walaupun baru satu tahun ditempati.

Tanyakan secara detail kapada developer tentang material apa saja yang digunakan untuk membangun rumah tersebut, periksa dengan teliti apakah material yang ada telah sesuai dengan stAndar atau belum, jangan sampai Anda mengalami kekecewaan karena bangunan yang cepat rusak setelah Anda membelinya.

8. Arah Rumah

Walaupun sebenarnya hal ini tidka begitu penting dalam sebuah pemilihan rumah, namun beberapa orang masih percaya bahwa arah rumah juga penting untuk diperhatikan. Contohnya adalah rumah yang menghadap kea rah timur akan lebih banyak diminati karena cahaya matahari yang masuk ke rumah akan lebih banyak dibandingkan rumah dengan arah menghadap ke barat.

Efek pencahayaan ini juga kan berpengaruh pada kesehatan rumah dan pemiliknya. Dengan asupan cahaya matahari yang cukup rumah akan terlihat lebih terang, tidak lembab, dan bersih. Kesehatan keluarga juga terjaga karena kuman serta virus yang ada didalam rumah akan mati apabila terkena sinar matahari.

9. Akses Transportasi

Pentingnya memperhatikan akses transportasi dari dan menuju rumah adalah agar Anda akan mudah ketika ingin bepergian ke suatu tempat dan tidak menggunakan kendaraan pribadi. Dengan mudahnya jalur transportasi tentu akan menghemat pengeluaran Anda dibandingan dengan rumah yang aksesnya sulit sehingga harus berganti-ganti kendaraan untuk menuju suatu tempat.

Pemilihan rumah yang sesuai memang tidak hanya dari sisi keuangan atau harga. Banyak hal yang menjadi pertimbangan membeli rumah yang efektif dan sesuai kondisi ekonomi. Rumah adalah sebuah tempat dimana kita bisa istirahat, berkumpul dengan keluarga, mengerjakan hobi, dan lainnya, sehingga belilah rumah yang memang akan membuat Anda merasa nyaman dan tenang.